APAKAH ANDA MENGENAL PLATO DAN KARYANYA YANG MENGGUNCANG DUNIA

filusuf plato
Tempat dan kelahiran filsuf ini tidak diketahui dengan pasti, ada yang mengatakan ia lahir di Athena. Ada juga yang mengatakan Aristokles lahir dipulau Aegina. Demikian juga dengan tahun kelahirannya, ada yang mengatakan ia lahir 428 SM. Ada juga yang mengatakan beliau lahir 427 SM. Yang pasti ialah, Aristokles lahir dalam suatu keluarga Aristokrasi Athena. Yang turun menurun mempunyai peranan yang amat penting dalam kehidupan politik di Athena.


Aristokles sering disebut dengan nama Plato, nama julukan Plato pertama kali dipanggil oleh pelatih senamnya. Plato dalam bahasa yunani berasal dari kata benda “Platos” (Kelebarannya/lebarnya). Aristokles dipanggil dengan julukan Plato karena dahi dan bahunya yang amat lebar. Julukan yang diberikan oleh pelatih senamnya itu begitu cepat populer dan menjadi nama resmi yang diabadikannya lewat seluruh karyanya.

Ketika Aristokles masih kecil, ayahnya meninggal dan ibunya kemudian menikah kembali dengan pamannya yang bernama Pyrilampes. Paman yang menjadi ayah tiri Aristokles/Plato itu adalah seorang tokoh yang disegani di Athena.

Karena ia adalah seorang Politikus yang dekat dengan Pericles, pemimpin & negarawan besar Athena yang baru saja meninggal (427 SM). Plato kemudian meninggal di Athena pada usia delapan puluh tahun dan selama hidupnya tidak pernah menikah.

KARYANYA

Lewat hasil tulisannya yang cukup banyak dan yang ditulis dalam bentuk dialog dengan gaya bahasa yang sangat indah dan menawan hati. Plato bukan hanya terkenal sebagai filsuf yang agung melainkan sebagai sastrawan yang mengagumkan. Semua karya tulisan Plato yang diwariskannya kepada kita masih cukup lengkap dan dalam kondisi yang baik.

Socrates memiliki tempat yang paling khusus dalam kehidupan Plato dan hal itu tampak jelas dari karya-karya filsafatinya. Hampir seluruh hidup karya filsafati Plato menggunakan metode Socratik. Yaitu metode yang dikembangkan oleh Socrates yang dikenal juga dengan nama metode dialektis atau yang seringkali disebut juga “elenkhus”.


Buku karangannya terutama terdapat didalam tiga bukunya yang terkenal yaitu Republic, Politicus, dan The Laws. Republic ditulis diawal kedewasaanya diawal kedewasaanya sedangkan Politicus dan The Laws ditulis dimasa tuanya. Diantara ketiga buku itu, Republiclah yang paling terkenal dan diakui sebagai hasil seni sastra yang paling agung dan merupakan karya manusia yang terbesar yang pernah ditulis dibidang filsafat. Politicus dan The Laws mengetengahkan pemikiran filsafat politik yang ditulis dalam gaya bahasa yang berbeda dengan Republic. Oleh banyak orang, The Laws bahkan dianggap tidak menarik untuk dibaca karena isinya terlampau panjang dan susah untuk dipahami. Ada yang menilai usia Plato dimasa tua begitu banyak mengalami kemunduran kualitas dalam pemikirannya.

Karya Republiclah yang mengandung pemikiran yang paling berani dan paling orisinal yang telah memberikan inspirasi yang kaya dari zaman ke zaman yang mencakup hampir semua bidang kehidupan manusia. Hal itu menunjukan bahwa pemikiran plato dua puluh empat abad yang lampau ternyata tidak pernah usang.

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar