Organisasi dan Paguyuban

Organisasi dan Paguyuban
Organisasi dan Paguyuban

Organisasi dan Paguyuban - Kita sering mendengar kata Organisasi, lalu apakah itu Organisasi? Menurut Asumsi penulis artikel, Organisasi adalah sekumpulan individu yang mempunyai kesamaan tujuan (pemikiran, karakter, hobi, dll) yang terstruktur dan sistematis dan mempunyai sebuah landasan landasan.

Membicarakan Organisasi tidak terlepas dari budaya-budaya Organisasi ditandai dengan adanya sharing atau berbagi nilai dan keyakinan yang sama dengan seluruh anggota organisasi. Sharring inilah yang dapat mempengaruhi perilaku orang-orang dalam sebuah organisasi. Perilaku organisasi sendiri merupakan seperangkat tindakan yang ada didalam organisasi

Perilaku Organisasi melihat bagaimana tingkat individu, tingkat kelompok, serta kinerja baik secara individu, dan kelompok, maupun Organisasi itu untuk berinteraksi satu sama lain. Perilaku Organisasi berusaha untuk mengontrol, memprediksi, dan menjelaskan, pembagian tugas dan tanggung jawab para anggota

Adanya tiga unsur dalam sebuah Organisasi
- adanya sekelompok orang
- adanya landasan landasan
- adanya kesepakatan bersama untuk mencapai tujuan bersama (Tujuan Organisasi)

Jadi dalam sebuah Organisasi terdapat beberapa pola hubungan antarindividu yang memiliki tanggung jawab masing-masing dalam mengwujudkan tujuan Organisasi. Dengan demikian pola hubungan ini membentuk suatu budaya Organisasi, komitmen Organisasi, serta perilaku Organisasi

Lalu apa itu Paguyuban?

Paguyuban diartikan pula sebagai persekutuan atau kebersamaan aneka ragam orang dalam batas kategori tertentu, dengan cirri-ciri sebagai berikut:

• disemangati kebersamaan, keterlibatan, komunikasi, sehati dan sejiwa dalam suka dan duka, untuk menghidupi dan menghayati tugas, karya, dan panggilan hidup dalam mewujudkan visi-misi paguyuban tersebut.
• kebersamaan setiap anggotanya yang se-detak jantung, yang hidup dalam kebersamaan, memiliki kepekaan dan bertindak saling mengasihi sehingga terbentuk suatu komunitas yang sehati-sejiwa.
• bentuk kehidupan bersama yang menghayati solidaritas dalam memanfaatkan segala perbedaan untuk mencapai tujuan bersama.
• kebutuhan untuk hidup berkelompok yang berlandaskan pada kepercayaan yang satu.

Apa hubungannya Organisasi dengan Paguyuban?

Memang semua paguyuban adalah sebuah organisasi akan tetapi tidak semua organisasi merupakan paguyuban. Alasannya jelas, ialah asas dasar dari sebuah organisasi belum tentu cinta kasih (bisa jadi hanya berdasarkan pada kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu atau hanya atas dasar kepentingan saja). Tetapi asas dasar paguyuban (lebih kerennya kita sebut saja “komunitas”) adalah cinta kasih persaudaraan, menghayati solidaritas, toleransi dan prinsip subsidiaritas dalam memanfaatkan segala perbedaan untuk mencapai tujuan bersama di mana para anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni, bersifat alamiah, kekal serta sehati-sejiwa. Singkatnya, dasar hubungan tersebut adalah rasa cinta dan rasa persatuan batin yang memang telah dikodratkan.

Lalu Apakah ada sebuah Organisasi yang berprilaku seperti Paguyuban?

Tidak bisa dipungkiri mungkin ada, itu bisa terjadi dikarenakan mindset yang kurang mengetahui tentang pengertian Organisasi, bisa terjadi karena anggotanya yang kurang berkomitmen dan konsisten dengan organisasi tersebut, itu bisa terjadi karena faktor lingkungan atau faktor individu yang kurang memahami tentang fungsionaris menjadi anggota

Penulis : Ramanda Ade Putra

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar