Wisuda Bukan Berarti Berhenti Balajar!


Wisuda Bukan Berarti Berhenti Balajar
Wisuda Bukan Berarti Berhenti Balajar!
               
                Wisuda  adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Apakah dengan wisuda kita berhenti belajar? Sepertinya hal itu bukan suatu alasan untuk berhenti belajar, karena kita bias belajar dimana saja tidak hanya dilembaga pendidikan formal.Tapi saat kitasudah diwisuda kita akan mulai mengurangi proses belajar kita, karena kita sudah mulai disibukan dengan aktivitas bekerja.
                Apakah saat bekerja kita tidak bias belajar? Belajar bias dilakukan dimana pun dan kapan pun, tergantung kita apakah mau memanfaatkan waktu untuk belaja rditengah-tengah padatnya pekerjaan kita itu sendiri. Tapi saat kita sudah mulai memasuki dunia pekerjaan kita pasti akan mulai meninggalkan kebiasaan kita untuk belajar, karena kesibukan kita sendiri. Sebenarnya saat kita bekerja kita juga sedang dalam proses pembelajaran. Kenapa seperti itu? Saat kita bekerja kita secara tidak langsung sedang dalam proses pembelajaran. Di saat kita diperintahkan oleh atasan untuk mengerjakan sesuatu yang kita tidak bisa, disaat itu lah kita belajar. Kita akan berusaha mencari rekan kerja yang dapat membantu atau pun mengajari kita agar pekerjaan tersebut dalam kita selesaikan. Jadi untuk belajar itu tidak hanya melalui lembaga pendidikan formal, tetapi kita bias belajar melalui hal-hal yang belum kita ketahui.Tapi kita jangan pernah puasakan pengetahuan yang telah kitaketahui dan peroleh. Karena pengetahuaan tersebut tidakakan pernah selesai untuk kita pelajari karena pasti akan ada perkembangan serta banyak jenis pengetahuaan lain yang belum kita ketahui.
                Tidak hanya dikalangan mahasiswa yang sudah melaksanakan wisuda mulai meninggalkan pembelajaran itu, tapiteman-teman kita yang tidak dapat meneruskan pendidikan kebangku kuliah ataupun teman-teman yang putus sekolah. Bagi mereka yang sudah mulai memasuki dunia pekerjaan mereka perlahan akan meninggalkan pembelajaran. Seperti yang sudah disampaikan diatas belajar tidak hanya bias dilakukan dilembaga pendikakan formal tetapi melalui kegiatan yang baru kita ketahui.
                Jadi untuk teman-teman yang sudah melaksanakan wisuda maupun yang belum melaksanakan wisuda coba untuk tidak meninggalkan proses pembelajaran itu. Karena pembelajaran bias kita pelajari tanpa mulalui lembaga pendidikan formal, tapi bias melalui aktivitas yang belum pernah kita lakukan, itu pun termasuk dalam pengetahuan. Kita juga bias memanfaatkan waktu luang kita dengan membaca buku-buku yang dapat menambah pengetahuan kita. Janganlah kita berhenti untuk belajar karena pengetahuan itu sangat luas kawan. Teruslah belajar kawan-kawan meskipun kelak kalian sudah bekerja!!!!
Wisuda Bukan Berarti Berhenti Balajar!!!


Penulis : Aldi Yunizar Saputra

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar